Oktober 12, 2014

Tugas Data Warehouse : Skema Data Warehouse

Skema Data Warehouse
Dalam membuat relasi pada data warehouse ada 2 pendekatan yang dapat digunakan yaitu dengan skema bintang (star schema) dan skema butiran salju (snowflake schema).

Skema bintang (Star Schema)
Merupakan struktur logical yang terdiri dari tabel fakta yang berisi data faktual dikelilingi oleh tabel dimensi yang berisi referensi data. Skema bintang yang paling sederhana biasanya terdiri dari satu tabel fakta dan beberapa tabel dimensi.Tiap dimensi memiliki relasi one-to-many ke tabel fakta dan tabel dimensi hanya memiliki satu primary key, primary key tersebut merupakan foreign key dari tabel fakta.

Skema butiran salju (Snowflake Schema)
Merupakan pengembangan dari skema bintang. Tabel dimensinya merupakan hasil normalisasi dari beberapa tabel yang saling berhubungan sehingga tabel dimensi bisa mempunyai tabel dimensi lainnya.

Contoh Pembuatan Skema :

Tabel diatas adalah tabel fakta yang akan kita jadikan skema bintang. Tabel fakta tersebut nantinya akan mempunyai tabel-tabel dimensi. 
Skema bintang:

Dapat dilihat pada skema diatas tabel fakta seperti dibagi-bagi ke dalam tabel dimensi yang berbeda. Setiap tabel dimensi mempunyai satu primary key yang berasal dari foreign key tabel fakta.

Referensi :
http://nanang.lecture.ub.ac.id/2010/04/17/skema-star-dan-snowflake/
https://levinbosz.wordpress.com/tag/skema-pada-data-warehouse/


0 Comment:

Posting Komentar