Supply Chain Management (Video from Youtube)
Apa itu SCM (Supply Chains Management)?
SCM
adalah suatu proses mendapatkan produk dari titik B ke titik A. Intinya semua
tentang mendapatkan produk ke tangan konsumen.
Bagaimana cara menlakukan SCM?
- Pertama, kita negosasi dengan pemasok untuk memproduksi bahan baku.
- Kedua, mengirim material-material secara cepat. Kita bisa menggunakan jalur darat maupun laut. seperti kapal, truk, kereta api.
- Dan setelah itu melakukan pengecekan untuk memastikan produk yang sudah dipesan sesuai dengan yang diinginkan konsumen.
Mengapa SCM sangat penting?
Jadi, tanpa adanya SCM kita tidak dapat
menikmati fasilitas seperti mobil maupun telepon genggam seperti saat ini
karena semua barang tersebut ada karena adanya supplier, nah tanpa adanya
rantai pasok kita tidak akan punya apa-apa.
Apa perbedaan SCM dengan bidang lainnya dalam bisnis?
- Akuntansi adalah bahasa bisnis yang berhubungan dengan pendapatan dan pengeluaran. (Keuangan).
- pemasaran adalah media promosi dalam bisnis yang digunakan untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang produk yang di tawarkan , hal-hal ini seperti iklan.
- Sedangkan dalam SCM adalah bisnis, SCM menjadi sumber produk, pembuat produk dan pengiriman produk sehingga konsumen dapat menikmati produk.
Karir apa saja yang tersedia dalam bidang
SCM?
- Pertama ada orang yang membuat penawaran dan bernegosiasi dengan pemasok untuk memastikan Anda mendapatkan hal-hal seperti bahan baku untuk bisnis Anda tepat waktu. Anda langsung dapat menangani Hemat perusahaan Anda banyak uang. Sesuatu yang akan membuat Anda sangat berharga di pasar.
- Anda juga dapat bekerja dalam kontrol kualitas dan memastikan bahwa produk perusahaan Anda adalah yang terbaik di pasar.
- Proses analis digunakan untuk menganalisis bagaimana keadaan pasar saat ini.
- Logistic (mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cepat)
- Strategic analyst (mengatur strategi agar bisa menghemat bnyak ruang dengan menelurkan berbagai ide hebat)
0 Comment:
Posting Komentar