September 15, 2014

Resume 1 : Data Warehouse

Apa sih Data Warehouse itu?

Pertama : “Data adalah catatan dari sekumpulan fakta” kutipan dari Wikipedia Indonesia. Kalau menurut saya data sendiri bisa diartikan sebagai sebuah objek yang dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna misalnya informasi J . Sedangkan Warehouse jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Gudang. Gudang sendiri adalah tempat penyimpanan yang dapat menampung banyak hal. Jadi bila digabungkan Data Warehouse menjadi GUDANG DATA. Jika diartikan keseluruhan menjadi tempat yang dapat menampung sekumpulan data yang sangat banyak.

Untuk Kesimpulan Data Warehouse adalah sebuah database yang mengandung data yang biasanya mewakili sejarah bisnis dari suatu organisasi. Data historis dari data warehouse digunakan di dalam aktivitas analisis yang mendukung keputusan bisnis dalam beberapa tingkat.


OLTP (On-Line Transaction Processing System)

OLTP dapat diartikan sebagai suatu proses transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan. Suatu sistem yang melakukan transaksi yang memiliki karakteristik data yang sangat besar. Transaksi yang dilakukan cukup sederhana yaitu insert, update dan delete. Biasanya OLTP berfokus pada satu area bisnis seperti POS (Point of sales, inventory, purchasing, human-resources). Misalnya Kasir pada pasar swalayan yang menggunakan mesin dalam proses transaksinya. Setiap hari data yang dinputkan bisa sangat banyak.

OLAP (Online Analytical Processing)

OLAP sendiri adalah suatu proses menganalisis data multidimensi yang berjumlah cukup besar. Data multidimensi adalah data yang dapat dimodelkan sebagai atribut dimensi dan atribut ukuran. Contoh atribut dimensi : nama barang, nama barang. Sedangkan contoh dari atribut ukuran: jumlah barang. Fungsi OLAP lebih diutamakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam Data Warehouse. OLAP biasanya digunakan oleh manager dalam mencari suatu keputusan.

Kenapa kita membutuhkan Data Warehouse?

  • Kita mempunyai banyak data
  •  Pengetahuan kita kurang banyak
  • Kita hanya memiliki informasi yang sedikit


Maanfaat Data Warehouse:
  • Kemampuan untuk memproses data yang cukup besar
  • Kemampuan untuk mempunyai data yang konsisten dan valid
  • Kemampuan kinerja analisis yang cepat
  • Menguarangi biaya administrasi perusahaan untuk pengolahan data
  • Memberi wewenang pada semua anggota dari perusaahan dengan menyediakan kepada mereka informasi yang dibutuhkan agar kinerja bisa lebih efektif
  • Data yang bervolume besar dapat terorganisir dengan baik dengan query analisis
  • Dapat memecahkan masalah keamanan data dan kinerja tanpa perlu mengubah sistem

Sumber :
Slide dari Dosen Data Warehouse
http://anugerahsyaifullah.wordpress.com/2013/09/20/kegunaan-arsitektur-data-warehouse/

0 Comment:

Posting Komentar