Oktober 18, 2014

Resume Data Warehouse Pertemuan 6

Skema Data Warehouse
Lingkungan data warehouse biasanya mengubah model data relasional ke dalam arsitektur khusus. Ada banyak model skema yang dirancang untuk data warehouse tetapi yang paling sering digunakan adalah :

Star Schema
Contoh Skema Bintang


Skema bintang ini adalah skema yang paling sederhana dalam perancangan data warehouse. Disebut skema bintang karena diagramnya menyerupai bintang dengan poin yang memancar dari suatu pusat. Skema bintang terdiri dari tabel fakta dan tabel dimensi. Biasanya tabel fakta dalam skema bintang sudah dalam bentuk normal ketiga (3NF) sedangkan tabel dimensi dalam skema bintang adalah tabel de-normalisasi.

Table Fakta
Biasanya tabel fakta memiliki dua jenis kolom : foreign key untuk tabel dimensi dan memastikan tabel tersebut mengandung fakta numerik. Sebuah dapat berisi data fakta yang mendetail dan data agregasi.

Tabel Dimensi
Dimensi adalah struktur yang biasanya terdiri dari satu atau lebih hierarki yang mengkategorikan data. Jika dimensi tidak memiliki hierarki dan tingkat, itu disebut dimensi datar. Kunci utama dari masing-masing dimensi adalah bagian dari primary key komposit dari tabel fakta. Atribut dimensi membantu untuk menggambarkan nilai dimensi, biasanya deksriptif, nilai-nilai tekstual.

Karakteristik Skema Bintang :
- Struktur yang sederhana (Mudah dimengerti)
- Efektifitas query yang bagus (Sedikit tabel yang dijoin)
- Waktu yang relatif lama untuk loading data ke dalam tabel dimensi (de-normalisasi, redundansi data dikarenkan ukuran tabel yang bisa cukup besar)
- Yang paling umum digunakan dalam inplementasi data warehouse (didukung luas oleh sejumlah besar intelegen bisnis)

Snowflake Schema
Skema kepingan adalah skema yang lebih komplek dari skema bintang yang digunakan dalam data warehouse karena tabel-tabelnya menggambarkan dimensi yang sudah dinormalisasi atau sudah normal.

Contoh Skema Kepingan Salju

Starflake Schema
Skema ini adalah struktur yang berasal dari gabungan skema bintang dan skema kepingan salju. Skema ini yang paling tepat digunakan karena mengandung de-normalisasi skema bintang dan normalisasi data skema kepingan salju.
Contoh Starflake Schema

Kelebihan dan Kekurangan Ketiganya:

Referensi :
- Slide presentasi kelompok 5
https://shawnross.files.wordpress.com/2011/03/star-schema.pptx
http://datawarehouse4u.info/
ir.nuk.edu.tw:8080/.../2/[05]Design_Model.pdf
www.comp.nus.edu.sg/~szeek/.../Presentation.ppt

0 Comment:

Posting Komentar