September 28, 2014

Tugas Data Warehouse : Analisis Kebutuhan Data Warehouse



Analisis :
Sumber Data
Sumber data diambil dari berbagai platform database yang berbed-beda. Pengambilan data dari berbagai sumber ini dikarenakan karakteristik dan sifat utama data warehouse yang mengambil lintas aplikasi yang berbeda dan kemudian mengintregasikan data tersebut ke dalam gudang data.



Spesifikasi Perangkat Lunak
Software yang digunakan :
Sistem operasi menggunakan Windows 7 Ultimate
Microsoft SQL Server 2008 R2 :
Import dan Export Data (32 bit) untuk  melakukan importing data source ke data warehouse
SQL Server Management Studio untuk  membangun data data warehouse
SQL Server Business Intelligent Development Studio untuk melakukan proses OLAP
Report Builder 3.0 untuk reporting
ArcGIS 10.0 : software pemetaan

Perancangan Arsitektur Data Warehouse


Tahap awal adalah menngumpulkan data-data yang berhubungan dengan potensi bencana yang bersumber dari berbagai database seperti data wilayah, jenis dan jumlah bencana, jumlah penduduk, potensi daerah (desa/kelurahan/nagari) dan frekwensi terjadinya bencana.
Tahap selanjutnya adalah melakukan ekstrasi terhadap data-data tersebut sesuai rencana kebutuhan pembuatan data warehouse setelah itu data ditransformasi. Pada proses transformasi dilakukan penyeleksian data yang tidak konsisten, memperbaiki penamaan pada field, atribut dan lain-lainnya.
Tahap selanjutnya adalah data loading ke gudang data yang sudah dibangun dengan menggunakan script yang ada di SQL. Sehingga terbentuklah sebuah data warehouse yang siap digunakan untuk menghasilkan informasi.


0 Comment:

Posting Komentar