November 30, 2014

Resume Data Warehouse Pertemuan 11 (DTS)

DTS (Data Transformation Service)
Data Transformation Services adalah salah satu modul pada SQL Server yang bisa mengkonversi data dari SQL Server ke format data yang lain yang kompatibel dengan OLE DB, ODBC, dan file teks.
Sebuah paket DTS pada dasarnya adalah keterangan yang terperinci mengenai operasi-operasi yang harus dilakukan untuk mengimpor, mengekspor, atau mentransformasi suatu data. 
Paket DTS bisa mencakup meng-copy tabel-tabel antardatabase dan mentransformasi data dari 1 format ke format yang lain dengan menggunakan ODBC, AktiveX, dan perintah SQL, atau bahkan program-program eksternal yangbisa menjadi bagian dari paket DTS.

Data Transformation Services Apakah Usang?
Anda harus merencanakan untuk menghapus ketergantungan pada DTS ini untuk mengantisipasi rilis masa depan SQL Server. Meskipun SQL Server 2005 dan SQL Server 2008 masih menyertakan fungsi DTS, kemampuan untuk bermigrasi atau menjalankan paket DTS mungkin tidak didukung pada rilis berikutnya.
Berikut fungsi DTS telah usang:
- DTS runtime.
- DTS API.
- Paket Migrasi Wizard untuk bermigrasi paket DTS ke versi berikutnya dari Layanan Integrasi.
- Dukungan untuk pemeliharaan paket DTS di SQL Server Management Studio.
- Execute DTS 2000 Paket tugas.

Tools DTS
Tool-tool yang tersedia untuk menciptakan dan mengeksekusi DTS packages
  1. Import Export Wizzard (Import/Export Wizard untuk membangun DTS packages sederhana dan mensupport perpindahan data dan transformasi sederhana.Import Export Wizzard)
  1. DTS Designer (DTS Designer mengimplementasikan DTS object model graphically yang memungkinkan user untuk menciptakan DTS packages dengan fungsi luas.)
  1. DTS Run (DTSRun merupakan command prompt utility yang digunakan untuk mengeksekusi DTS packages yang ada.)
  1. DTSRunUI (DTSRunUI merupakan grafik interface untuk DTSRun, yang juga mengijinkan pemakaian variable global dan command lines.)
Membuat Paket DTS
untuk membuat paket DTS ada dua cara yaitu :
- DTS Package Designer (sarana grafis yang dirancang untuk para developer yang sudah benar-benar memahami Microsoft SQL Server 2000 untuk mentransformasikan dan mengintegrasikan data heterogen yang berasal dari beberapa sumber.)
- Wizard dari Menu Tools (fasilitas pemakaian akan dibimbing dan diajak membuat DTS dengan tools-tools yang sudah tersedia dengan mudah dan cepat.)
Adapun fasilitas yang tersedia dalam DTS ini antara lain proses Ekspor dan Impor data dari sumber-sumber data yang sangat umum dan banyak digunakan sebelumnya, antara lain :
- dBase
- Paradox
- Teks ASCII
- Sumber data ODBc
- Database SQL
- Spreadsheet Microsoft SQL Server
- File Microsoft Access
- File Microsoft FoxPro
- Sumber OLE DB
- Dan sebagainya.

Task dalam sebuah Package
Sebuah DTS package biasanya terdiri atas satu task atau lebih. Setiap task mendefinisikan jenis pekerjaan yang akan diberikan selama eksekusi package. Task-task tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsinya berikut ini:
  1. Transformasi data
  2. Mengcopy dan mengatur data
  3. Menjalankan tasks sebagai jobs dari dalam sebuah package
Connection untuk mengakses & memindahkan data
Agar eksekusi DTS tasks dalam menyalin dan memindahkan data berjalan sukses, sebuah DTS package harus mempunyai hubungan yang valid antara sumber data asal dengan sumber data tujua. Ketika menciptakan sebuah package, user dapat mengkonfigurasikan hubungan dengan memilih jenis hubungan dari daftar yang tersedia pada OLE DB providers dan ODBC drivers. Jenis hubungan yang tersedia antara lain:
  1. Microsoft Data Acces Component (MDAC) drivers
  2. Microsoft Jet drivers
  3. Other drivers
  4. OLE DB CONNECTION

Referensi :
http://www.globalkomputer.com/Bahasan/Database/Topik/DTS.html
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/cc707786(v=sql.105).aspx
Slide Presentasi Kelompok 9

0 Comment:

Posting Komentar